Internet memungkinkan kita melihat dimana sebuah usaha kecil terlihat besar dan perusahaan besar terlihat kecil, apalagi jika Anda adalah pengusaha online tunggal, Anda akan terlihat seperti suatu sosok pebisnis besar. Menarik bukan?
Yang jelas, Internet memungkinkan kita atau Anda sebagai pengguna, memungkinkan kita menjadi pengusaha digital yang mandiri, asalkan kita mengerti teknik-teknik pemasaran online dan mengenal teknologi terkait dalam bidang Internet.
Trend inilah yang didapatkan oleh majalah Newsweek bahwa pada tahun 2005, sekitar 50% dari para pengusaha digital adalah Home-Based Business, dengan kata lain adalah sama seperti usaha kecil menengah (UKM) yang berbasis di Rumah-Kantor.
Perlu Anda ketahui, banyak UKM yang menggunakan Internet sebagai media promosi online. Seandainya jika Anda menjadi seorang seperti profesional, maka bisnis Anda terkesan besar, dan prospek yang akan Anda raih bisa mencapai tingkat kepercayaan yang tinggi dan sehingga pada akhirnya mereka mau membeli dari Anda.
Anda harus selalu melihat dengan jeli, mudah beradaptasi dan mengevaluasi terhadap hal-hal seperti dibawah ini, apa yang tepat atau tidak tepat. Apa sajakah itu?
Dibawah ini, Anda akan diberi 7 Cara yang dapat membuat Anda menjadi layaknya sosok pebisnis besar, bukan seperti seorang pengusaha hanya dalam satu malam, maksudnya adalah hari ini berbisnis namun besok malah bangkrut atau kabur dengan membawa uang yang bukan hak Anda.
1. Mempunyai Situs Web Profesional
Anda tidak perlu bingung, karena beberapa situs sudah menyiapkan desain web yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Atau Anda ingin menyewa seorang perancang web? Itu terserah Anda.Saran saya adalah pastikan bahwa Anda bisa melakukan modifikasi dan penyuntingan. Jika Anda tidak memiliki kemampuan yang cukup dalam pembuatan website, Anda bisa menggunakan beberapa layanan jasa pembuatan web yang cukup banyak saat ini.
Anda bisa mengunjungi halaman ContohBlognih.Blogspot.Com untuk mendapatkan rancangan website (atau Template Blog) gratis.
2. Nomor telepon Hotline
Komunikasi antara Anda selaku pemilik bisnis dan para calon pembeli adalah inti dari bisnis online itu sendiri. Pastikan bahwa Anda telah menyediakan nomor yang dapat dihubungi suatu waktu, dan siap selalu menerima panggilan dari calon costumer.Secara tidak langsung, hal ini akan menjelaskan dan memberi kesan bahwa bisnis UKM Anda terlihat profesional karena costumer tidak kesulitan ketika akan menghubungi Anda.
3. Voice Mail Profesional
Memiliki resepsionis pada layanan Call bisnis online adalah nilai tambah untuk meningkatkan profesionalisme pada website tersebut. Sebagai seorang anak manusia pada umumnya, Anda mengharuskan diri Anda untuk bergaul didunia luar, dan tidak selamanya mengurusi website yang sedang Anda kelola.Voice Mail adalah suara layanan tinggalkan pesan apabila Anda sedang tidak berada dirumah. Jadi, ini hanya untuk memberi kesan bahwa Anda memang profesionalisme dalam berbisnis. Intinya adalah agar semuanya terkesan lancar untuk mendorong prospek web Anda melakukan pembelian.
Jangan membuat mereka berpikir 2, hingga 5 kali. Akan tetapi, buat mereka membeli..!
4. Alamat yang benar dan jelas
Mengisi atau menulis alamat adalah suatu keharusan karena ini menyangkut tentang rasa kepercayaan calon konsumen. Seandainya alamat yang tertulis pada website tidak jelas dan terlihat samar, kemungkinan besar Anda akan kehilangan costumer Anda.Kalau Anda menggunakan alamat di PO Box tertentu, hal ini mengesankan kekhawatiran bagi para calon pembeli, karena mereka takut ditipu. Usahakan untuk tidak berbuat atau melakukan hal-hal yang bersifat/terkesan negatif, tulislah apa adanya dan sejujur-jujurnya.
5. Top Level Domain (TLD) Website
Rasanya agak kurang jika akhiran alamat website Anda adalah blogspot atau wordpress. Nah, bagaimana caranya jika Anda ingin menghapus alamat blogspot dan wordpress tersebut?Dengan meningkatnya para pengguna website, hal ini mendorong beberapa orang untuk mendirikan sebuah perusahaan dimana mereka menyediakan layanan service pada Top Level Domain.
Anda bisa menyewa beberapa layanan jasa Domain dan Hosting pada website seperti : PANDI, RumahWeb, Jagoan Hosting, IDWebHost dan beberapa layanan jasa lainnya.
6. Kartu Nama yang Representatif
Jika Anda memang serius dengan bisnis Anda, Kartu Nama Anda adalah bagaikan seorang salesman. Dengan kata lain, Anda memperkenalkan bisnis Anda ke siapa pun, apalagi kalau dilihat oleh calon costumer potensial Anda.Bayangkan jika Anda sedang melakukan percakapan di lingkungan atau suatu tempat tertentu dan mendengarkan uraian beberapa orang tentang bisnis mereka yang luar biasa, kemudian Anda melihat Kartu Nama mereka yang tidak representatif! Tentu hal ini membuat kredibitlitas mereka kurang bermutu di mata Anda.
7. Jangan menakuti-nakuti
Kasus ini sebenarnya tergantung situasi apa yang Anda ciptakan. Seandainya Anda adalah pemilik bisnis dan Anda memberitahu diawal bahwa Anda adalah direktur atau seseorang yang memiliki jabatan tinggi, hal ini tentu akan membuat prospek Anda merasa segan.Akan tetapi, jika pada situasi tersebut Anda menyebut diri Anda adalah seorang direktur atau pemilik perusahaan tersebut membuat Anda memiliki kesempatan bisnis yang lebih baik dengan orang tertentu yang memang juga adalah direktur atau pemilik suatu bisnis.
Jadi, jangan terburu-buru untuk memperkenalkan diri Anda sebagai seorang pemilik bisnis atau direktur, kecuali jika Anda sudah mengetahui siapa yang diajak bicara. Misalnya, apabila Anda memiliki janji dengan seorang direktur dari sebuah perusahan besar, dan kartu nama Anda juga menyebutkan bahwa Anda seorang direktur, maka peluang bisnis lebih besar.