Home » » Cara Cerdas Membangun Bisnis Usaha Warung Kopi

Cara Cerdas Membangun Bisnis Usaha Warung Kopi

Desain Warung Kopi Menarik
Cara Cerdas Membangun Bisnis Usaha Warung KopiPernah memikirkan akan membuka bisnis usaha warung kopi?

Usaha warung kopi merupakan usaha yang memiliki prospek yang cukup bagus, mengingat apabila layanan yang Anda berikan pada pelanggan termasuk maksimal dan terbaik, didukung kopi yang sangat berkualitas dan khas tentunya, pasti akan mendatangkan keuntungan yang berlimpah.

Kita tanya terlebih dahulu yuk sama Wikipedia. Soalnya agak makruh hukumnya apa bila kita tidak mencampurkan definisi dari Wikipedia selaku informasi dunia tanpa batas. Untuk informasi lebih jelas dan lengkapnya, silahkan buka halaman ini : Sejarah Kopi menurut Wikipedia.

Menurut sejarah kopi yang tercatat pada halaman Wikipedia, sejarah kopi telah dicatat sejauh pada abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Indonesia selain identik dan terkenal sebagai negara yang memiliki beribu pulau dan penghasil kopi di dunia, di Indonesia sendiri juga sudah sangat khas dengan keberadaan usaha warkop yang biasanya berada di pinggir jalan hingga di beberapa tempat yang moderen.

Bisnis usaha warung kopi atau warkop adalah jenis usaha yang dapat Anda jadikan sebagai usaha utama atau pun sampingan menurut pukul berapa dibuka dan pukul berapa ditutup.

Maksudnya bagaimana ya? Disebut sebagai jenis bisnis usaha utama apabila Anda membukanya dipagi hari dan menutup kembali pada dini hari, bahkan sampai 24 jam. Disebut jenis bisnis usaha sampingan apabila warkop yang Anda miliki dibuka pada sore hari dan ditutup dini hari.

Nah.. Apabila Anda ingin membuka usaha ini sebagai pekerjaan utama Anda, maka alangkah baiknya jika Anda membuka pada pagi hari dan ditutup pada malam hari, dini hari, bahkan 24 jam jika seandainya Anda memiliki pegawai.

Tanpa basa-basi babibu yang berkelanjutan, dibawah ini sudah saya siapkan beberapa saran, masukan, komentar, atau kita katakan sebagai referensi apabila Anda ingin membuka usaha warung kopi.

Desain Menarik Warung Kopi Berkualitas

Semuanya dirangkum dalam beberapa poin penting. Secara berurutan, bukan berarti Anda harus melakukannya menurut poin atau angka dibawah ini. Silahkan terapkan yang menurut Anda penting dan jangan terpatok dengan nomor daftar.

1. Niat, Doa, Restu dan Usaha

Sebuah bisnis yang sudah sukses, tentu di dukung dengan niat, doa, restu dan usaha. Kurang lebih saya jelaskan lebih sederhana seperti dibawah ini:
  • Niat adalah keinginan yang ingin Anda capai semaksimal mungkin.
  • Doa adalah harapan kepada Allah SWT agar bisnis usaha Anda berhasil.
  • Restu adalah izin dari orang tua Anda agar diberi kemudahan.
  • Usaha adalah kemauan yang tinggi dalam mengembangkan tanpa mengenal lelah.

2. Modal Bisnis Usaha

Ini yang paling utama setelah yang paling-paling utama diatas. Bisnis tanpa modal? Saya yakin sepenuhnya bahwa setiap bisnis yang akan dibangun, pasti memerlukan modal. Percaya atau tidak, Anda bisa membaca artikel ini : Bisnis tanpa Modal? Mungkinkah?

Beberapa teman mungkin ada yang bertanya bagaimana caranya mendapatkan bisnis modal usaha? Tenang.. Saya sudah menyiapkan artikel bagaimana caranya agar Anda bisa memperoleh modal, tentunya halal. Silahkan baca : Cara memperoleh modal bisnis usaha.

3. Survey Lokasi, Pasar dan Konsumen

Sebelum memulai dan membangun usaha kedai kopi ini, tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa beberapa warung kopi sebagai referensi dikemudian hari.

Referensi yang dimaksud adalah mencari tahu minat para konsumen dan jenis minuman kopi apa yang diminati, desain seperti apa yang menarik perhatian pelanggan, dan beberapa referensi lainnya.

4. Lokasi Bisnis Usaha yang Strategis

Tempat atau lokasi berdirinya bisnis usaha yang akan Anda bangun merupakan faktor utama keberhasilan bisnis usaha Anda. Sebuah bisnis usaha yang terletak pada lokasi yang strategis dan mudah dijangkau membuat bisnis Anda ramai dikunjungi.

Persimpangan tiga, empat, lima bahkan memiliki lebih banyak dari lima persimpangan, merupakan tempat yang paling strategis menurut saya. Itu menurut saya. Ada pun beberapa tempat lainnya seperti di pinggir jalan, tempat umum seperti mall, pusat perbelanjaan atau pun taman bisa Anda jadikan lokasi bisnis usaha Anda.

5. Desain Bisnis Usaha Warung Kopi

Untuk desain warung kopi yang akan dibangun nanti, usahakan untuk mendesain ruangan semenarik mungkin. Anda bisa mengambil tema dengan nuansa seperti musik, sepakbola, dan lain-lain.

Menurut saya pribadi, desain figura adalah desain yang cukup menarik dimana desain ini menjelaskan bahwa ruangan tersebut adalah ruangan yang memiliki nuansa kayu-kayu atau wallpaper dinding berwarna kecoklatan seperti kayu. Agar lebih jelas, lihat gambar dibawah ini.

6. Fasilitas Tambahan

Sebenarnya ini tidak terlalu penting, karena pada dasarnya konsumen kopi adalah hanya sekedar meminum, duduk dan berbicara / ngobrol dengan rekannya.

Tapi alangkah baiknya jika Anda menyediakan fasilitas tambahan agar konsumen lebih tertarik mengunjungi bisnis usaha Anda. Ada pun beberapa fasilitas tambahan itu adalah WIFI, proyektor sebagai pendukung layar tancap dan lain-lain.

7. Makanan pendukung

Pada umumnya yang terjadi pada warung kopi disekitar tempat kita tinggal, biasanya menyediakan makanan pendukung seperti kerupuk, gorengan dan beberapa jajanan.

Biasanya, jajanan ini didapatkan dari makanan tambahan yang diproduksi oleh si pemiliki warung kopi atau bagi hasil dengan si pengantar produksi jajanan tersebut.

8. Pelayanan Berkualitas

Konsumen adalah raja. Memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin dan terbaik adalah salah faktor pengunjung betah berada di warung kopi Anda tersebut.

Saya pernah mendengar sebuah ungkapan dimana dalam memberikan pelayanan yang terbaik, Anda diharuskan melayani konsumen dengan 3S. Apa itu 3S? Sapa, Sopan dan Senyum.

9. Sumber Daya Manusia

Tidak ada salahnya jika Anda mempekerjakan beberapa orang sebagai pegawai pada bisnis kedai kopi Anda. Selain itu, untuk mengurangi pengangguran tentunya.

Dalam pemilihan pegawai sebagai pendukung membuka bisnis kedai kopi ini, tentu Anda akan memilih beberapa pegawai yang memang memiliki atau berjiwa berkompeten.

Berkompeten yang dimaksud adalah berkompeten dalam melayani konsumen dengan ramah, sopan dan mengerti cara meracik kopi yang baik. Jangan lupa, pilihlah kopi yang terbaik.

10. Izin Bisnis Usaha

Sebuah bisnis usaha seperti warung kopi dan jenis usaha tersebut tergolong cukup besar, ada baiknya jika Anda mengajukan izni usaha kepada pihak berwenang.

Izin usaha ini berguna jika suatu saat nanti terjadi suatu permasalahan yang berkaitan dengan perizinan. Dipastikan Anda lolos dalam permasalahan tersebut.

11. Promosi Bisnis Usaha Anda

Mempromosikan bisnis usaha yang Anda miliki adalah wajib untuk dilakukan agar sejak awal dibuka ramai dikunjungi.
Baca juga - Promosikan bisnis usaha Anda di Google My Business.
Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menebar brosur, promosi melalui radio, melalui sosial media seperti messenger dan beberapa hal lainnya.
Baca juga - Promosikan bisnis usaha Anda di BisnisBlognih.

12. Lain-lain

Menyelam sambil minum air. Begitulah ungkapan pada poin kali ini. Jika bisnis kedai kopi Anda sudah berkembang, tidak ada salahnya ada mencari keuntungan dengan sedikit celah.

Anda bisa menjual beberapa bubuk kopi pilihan dan berkualitas di kedai kopi Anda. Anda pun bisa menjual beberapa aksesoris yang identik dengan kopi seperti, cangkir minuman dan botol.

Sebagai penarik pemikat yang bisa dikatakan Wah.. Jika Anda cukup memiliki modal bisnis usaha, Anda dapat menawarkan musisi lokal untuk memperkenalkan musik dan suaranya di kedai kopi Anda.
Baca juga - Cara cerdas dan tepat meningkatkan kredibilitas Bisnis UKM.
Last... Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membangun bisnis usaha warung kopi. Jika Anda tidak keberatan, silahkan share artikel ini. Semoga informasi Cara Cerdas Membangun Bisnis Usaha Warung Kopi ini bisa Anda jadikan referensi. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat :)