Home » » Tips Memulai Bisnis Usaha Makanan

Tips Memulai Bisnis Usaha Makanan

Makanan Ringan Kerupuk Camilan
Tips Memulai Bisnis Usaha Makanan - Keberhasilan bisnis ibu rumah tangga seperti membuat makanan bukan hanya tentang kemampuan dan mengetahui cara-caranya. Mengetahui cara membuat makanan dan dapat mengelola bisnis Anda adalah dua hal yang berbeda.

Jika memang Anda sudah menguasai cara produksi makanan / memproduksi makanan baik itu makanan ringan mau pun berat, maka kini saatnya Anda harus mengetahui bagaimana caranya untuk memulai bisnis Anda.

Dibawah ini, kami sajikan beberapa tips dalam memulai usaha di bidang makanan. Mau tahu? Baca dibawah!


Perbaharui racikan makanan menjadi lebih berkualitas

Memperbaiki makanan seperti, rempah-rempah yang selama ini Anda gunakan kurang lezat, silahkan lakukan review lebih lanjut dengan rempah-rempah lainnya.

Ada pun untuk mengetahui kualitas rasa dari masakan yang Anda masak, Anda dapat membagikan hasil karya tersebut kepada teman atau saudara terdekat untuk memperoleh informasi, reaksi, kritik dan saran mereka terhadap produk Anda. Lalu, Anda perlu memperbaiki dimana letak kesalahan tersebut, sesuaikan dengan keinginan mereka.


Segmen Tertentu

Untuk makanan yang memiliki segmen tertentu, Anda dituntut untuk memperbaharui dimulai dari resep, penampilan atau cara penyajiannya.

Outlet Penjualan

Jika Anda ingin membuka outlet penjualan sebagai pendukung untuk perkembangan bisnis Anda, alangkah baiknya jika Anda melakukan review terlebih dahulu.

Misalnya, jika Anda memilih untuk membuka usaha pembuatan nasi kotak, Anda dapat melakukan kerja sama dengan beberapa pihak tertentu seperti, panitia-panitia penyelenggara acara formal.


Melakukan Suplai Makanan

Strategi usaha lainnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan kerja dengan beberapa usaha kantin atau pedagang kelontong. Tidak ada salahnya jika Anda menitipkan barang dagangan Anda ke salah satu pihak tersebut.

Untuk keuntungan yang diambil, biasanya pihak ketiga (pengusaha kantin atau pedagang kelontong) akan mengambil keuntungan sebesar 15% - 20%. Anda juga harus memperhatikan sistem distribusi atau pengantaran barang dagangan tersebut, karena hal ini berkaitan dengan biaya transportasi.


Bantuan Teknologi seperti Media Sosial

Mengenai teknologi, siapa sih yang tidak mengenalkan produk-produk terbarunya melalui media sosial? Biasanya, produk yang dijual melalui nyata mau pun media sosial memerlukan ruangan khusus untuk mempersiapkannya seperti, membeli peralatan khusus untuk menyimpan bahan baku.

Perlu Anda ketahui, jika usaha Anda baru saja dimulai agar tidak mengeluarkan pengeluaran untuk investasi teknologi produksi. Sebenarnya, hal ini bisa Anda lakukan dengan cara yang lebih sederhana seperti, melakukan kerja sama dengan orang lain dalam mensuplai kebutuhan bahan baku tersebut.

Tujuan pencegahan ini dilakukan agar Anda tidak terlalu berat dalam memenuhi kebutuhan modal usaha yang dibutuhkan. Ada kalanya Anda melakukan investasi pada teknologi ketika usaha Anda telah berjalan lancar dan memiliki pelanggan yang tetap.


Produk yang Aman di Konsumsi

Anda sebagai pemilik bisnis usaha harus memperhatikan bahwa produk yang Anda produksi aman untuk dikonsumsi serta mendatangkan profit.

Ada baiknya jika Anda menguji produk Anda terlebih dahulu kepada pihak yang berkompeten, hal ini untuk memastikan bahwa keamanan produk Anda agar tak menjadi masalah dikemudian hari. Daftarkan juga produk yang Anda produksi ke Badan Pemantau Obat, Makanan dan Minuman (BPOM).


Makanan Ringan

Jika Anda memulai bisnis makanan ringan, kemasan yang menarik juga harus diperhatikan. Hal ini terkait penilaian konsumen terhadap tertarik atau tidaknya konsumen pada barang produksi tersebut. Kemasan dapat berasal dari jenis plastik maupun kertas.

Ketakutan yang sering menghinggapi Produsen

Permasalahan ini sering terjadi dalam menjalankan usaha makanan. Pikiran-pikiran apakah produk yang diproduksi akan laku atau tidak, bagaimana jika suatu saat nanti ada konsumen yang mengeluh, dan berbagai alasan lainnya.

Untuk itu, Anda sebaiknya mempersiapkan diri sendiri dan memegang teguh prinsip yang disiplin, "Usaha yang berhasil hanya dapat dicapai melalui proses yang penuh hambatan,"

Nah, itu dia Tips Memulai Bisnis Usaha Makanan. Semoga artikel ini membantu Anda.