Home » » Cara Mendapatkan Modal Bisnis Usaha

Cara Mendapatkan Modal Bisnis Usaha

Mata Uang Indonesia - Cara Mendapatkan Modal Bisnis Usaha
Cara Mendapatkan Modal Bisnis Usaha - Menurut Wikipedia, Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba/keuntungan.

Tanpa modal bisnis atau usaha, perlu untuk mempertimbangkan lebih lanjut tentang ide usaha, skala usaha, kompetisi atau persaingan, permintaan pasar, tenaga kerja/pegawai, serta ketersediaan modal usaha beserta sumbernya.


Baca juga - Pengertian, Tujuan dan Manfaat Kegiatan Bisnis.

Modal bagaikan fondasi awal sebuah bisnis/usaha yang akan dibangun. Perlu Anda ketahui bahwa, modal bukan hanya sekedar uang, akan tetapi bisa berbentuk dalam wujud pengetahuan terhadap usaha, pengalaman, keberanian/tekad, serta networking.

Dari beberapa modal yang saya sebutkan diatas, beberapa diantara begitu sulit untuk diwujudkan. Apa itu? Modal. Banyak calon pengusaha yang menemui kendala besar dalam mendapatkan modal berupa uang.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas informasi mengenai cara mendapatkan atau memperoleh modal usaha untuk Anda. Dibawah ini, ada beberapa alternatif pilihan yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan modal usaha, diantaranya adalah:


Dana Pribadi / Simpanan

Dana yang telah Anda simpan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun bisa Anda gunakan sebagai modal usaha. Andaikata jika modal usaha yang dibutuhkan belum mencukupi, Anda bisa bisa menjual sebagian aset berharga yang Anda miliki saat ini.

Tidak ada salahnya jika Anda berkorban untuk kesuksesan bisnis usaha Anda. Anggap saja Anda sedang melakukan investasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar setelah usaha Anda berhasil berjalan nantinya.


Dana Hibah Perusahaan

Mendapatkan dana hibah dari perusahaan ini tidaklah gampang. Untuk mendapatkan dana ini, Anda diharuskan untuk mengikuti event competition. Penyaluran dana modal usaha biasanya melalui Divisi Corporate Social Responsibility (Divisi CSR).

Baca juga - Promosikan Bisnis Anda di Google My Business.

Event Competition adalah sebuah program dimana yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki anggaran sendiri untuk membantu dan membangun perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan maupun masyarakat umum.

Kerjasama

Jika Anda memiliki minat dan hobi yang sama dalam membangun dan membentuk bisnis usaha, tidak ada salahnya jika Anda dan teman Anda saling bekerjasama.

Pada poin ini, biasanya pihak A memberikan modal bisnis untuk pihak B dan pihak B lah yang mengelola bisnis usaha tersebut, bahkan bisa saja kebalikan dari itu.

Mengenai perjanjian keuntungan yang diperoleh, ada baiknya jika Anda dan teman Anda menyepakati hal-hal seperti pembagian hasil agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan.

Kesepakatan itu perlu dibuat seperti perjanjian tertulis untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.


Investor

Cara seperti ini sama dengan cara seperti diatas. Perbedaannya adalah investor hanya memberikan modal bisnis usaha berupa dana tanpa ikut terjun langsung dalam bisnis usaha yang dijalankan.

Pembagian hasil atau kesepatan perolehan keuntungan pun dibuat berupa perjanjian tertulis untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.


Pinjaman Modal Bisnis Usaha ke Bank atau Koperasi

Anda bisa mendapatkan modal bisnis usaha dengan cara mengajukan permohonan pinjaman modal usaha ke Bank atau Koperasi.

Biasanya, sebelum pengajuan ini di-iya-kan, pihak Bank atau Koperasi meminta informasi profil usaha yang akan Anda buat seperti berbentuk proposal atau bahkan meminta Anda untuk menyampaikan Feasilibility Study yang bertujuan untuk melihat dan menilai kelayakan implementasi sebuah bisnis.

Sebagaimana pinjaman pada umumnya, Anda harus mengembalikan dana yang sudah dipinjamkan dan ditambah pula dengan bunga pinjaman yang besaranya sekitar 8%-10% pertahun.

Informasi mengenai proposal atau Feasibility Study yang diminta, berikan informasi seperti hal-hal yang menunjang kelayakan implementasi sebuah bisnis dilihat dari sisi Keuntungan Finansial (Financial Benefit), Keuntungan Secara Makro Ekonomi (Macro Economy Benefit), serta Keuntungan Sosial (Social Benefit) yang diterima masyarakat berkaitan dengan usaha yang akan Anda bentuk.

Saya menyarankan agar ini menjadi pilihan terakhir karenan nantinya Anda memiliki kewajiban tambahan seperti pembayaran bunga dan cicilan yang dapat menjadi kendala untuk bisnis yang baru saja Anda jalankan.



Semoga artikel Cara Mendapatkan Modal Bisnis Usaha ini bisa Anda jadikan referensi dikemudian hari.